Selasa, 15 Desember 2020

Pendidikan

Pendidikan
Dokumen Pribadi

Pendidikan adalah modal utama seorang manusia untuk berkembang dan memiliki daya pikir kritis dan logis. Manusia akan memiliki ilmu pengetahuan dan pengalaman dari proses pembelajaran, baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.

Lingkungan keluarga adalah pondasi awal untuk dapat membentuk pribadi dan akhlak siswa dengan baik. Akhlak yang diajarkan sejak kecil akan memberikan dampak jangka panjang hingga ia dewasa.

Anak balita (bayi umur lima tahun) ia akan lebih cepat dalam menerima dan merekam apa yang diajarkan oleh kedua orang tuanya. Apabila kedua orang tuanya memiliki modal kepribadian dan akhlak mulia, sudah dipastikan seorang anak tersebut akan menjadi anak yang baik budi dan sholeh/ sholehah.

selain dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah merupakan lingkungan kedua yang tepat untuk menciptakan generasi yang kuat, cerdas akal dan budi pekerti, bermental competitif dan berjiwa inovatif, yang mampu memiliki manfaat bagi banyak orang.

Lembaga sekolah sudah seharusnya mempersiapkan dan memberikan pembekalan yang baik dan solutif agar dapat mencetak generasi-generasi emas yang dapat membawa Indonesia menjadi negara maju dan berdaulat di kancah Internasional.

Dan terakhir adalah lembaga masyarakat atau lingkungan masyarakat sekitar. lembaga yang menaungi setiap elemen masyarakat. Dalam lingkungan masyarakat, sebagai orang tua kita harus mulai dengan memberikan informasi dan gambaran dalam mencari teman di lingkungan masyarakat, agar terhindar dari perilaku pergaulan bebas yang dapat menjerumuskan ke dalam lubang penyesalan.

Sebagai anak di rumah dan siswa di sekolah, sudah sepatutnya kita belajar dan mengikuti pendidikan yang telah diberikan oleh kedua orang tua dan guru di sekolah dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu, kita akan mudah untuk mencapai tujuan hidup yang akan kita capai.


Tangerang, 15 Desember 2020

Iqbal Maulana 

0 komentar:

Posting Komentar